DPUPR Kota Blitar Manfaatkan Embung dan Kali Lahar, Antisipasi Banjir Musim Penghujan

Administrator 09 Feb 2021 125x Share
img-berita

Blitar Kota -Pemerintah Kota Blitar terus berupaya untuk mengantisipasi banjir dan genangan air saat musim penghujan. Selain memperbaiki saluran air, Pemerintah Kota juga akan memanfaatkan Kali Lahar dan Embung Jatimalang untuk mengantisipasi kiriman air dari wilayah utara.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Blitar, Dindin Alinurdin mengatakan, kali lahar dan embung Jatimalang memang menjadi salah satu alternative mengantisipasi banjir. Hal ini mengacu peristiwa hujan deras pekan lalu, yang menyebabkan beberapa ruas jalan di Kota Blitar banjir. Menurut Dindin, selain karena infrastruktur saluran air banyak yang mengalami rusak ringan, kiriman air dari wilayah utara juga menjadi salah satu pemicu. Meskipun wilayah Kota Blitar tidak hujan, namun dari utara atau wilayah Kabupaten Blitar hujan deras, genanganan air dimungkinkan terjadi.

“Kemarin itu (Kamis, 04 Februari 2021) memang banjirnya parah ya merata. Memang hujannya juga merata di Blitar Raya dan durasinya lama. Jadi kiriman air dari utara juga cukup besar,” kata Dindin, saat dikonfirmasi Senin (08/02/2021)

Oleh karena itu, pihaknya akan mengatur skenario agar kiriman air dari utara bisa dialirkan secara optimal ke sepanjang kali lahar dan embung Jatimalang. Namun untuk merealisasika hal tersebut, dinas setempat perlu berkoordinasi dengan dinas terkait dari Kabupaten Blitar.

“Kali lahar dan Embung ini juga sudah kita sampaikan ke Bapak Sekda. Hanya saja kita perlu koordinasi dulu dengan Kabupaten” jelas Dindin.

Sementara itu, sebelumnya DPUPR juga berencana melakukan pemeliharaan saluran air secara menyeluruh di Kota Blitar, dengan besaran anggaran Rp. 200 juta. Upaya ini ditargetkan mulai terealisasi pekan ini. (Kir)

Berita Populer

Karnaval Kecamatan Kepanjenkidul 2023: Pe..

by Administrator | 28 Aug 2023

Santoso - Tjutjuk Sunario Resmi Dilantik ..

by Administrator | 26 Feb 2021

DPUPR Kota Blitar Manfaatkan Embung dan K..

by Administrator | 09 Feb 2021

KPU Kota Blitar Gelar Rekapitulasi dan Pe..

by Administrator | 15 Dec 2020

Sosialisasi Penggunaan Aplikasi SIPAK ONL..

by Administrator | 31 Mar 2022

Musyawarah Kecamatan untuk Verifikasi Dat..

by Administrator | 06 Dec 2022