x

Ipal Komunal Jadi Solusi Masalah Sanitasi Lingkungan di Kota Blitar

Blitar Kota - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar terus melakukan edukasi, pembinaan maupun pemahaman tentang pembangunan ipal komunal untuk masyarakat maupun Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) sebagai solusi untuk menangani pencemaran limbah cair dilingkungan masyarakat.

Kepala Bidang Penataan dan Pengendalian Lingkungan Hidup DLH Kota Blitar, Denny Eko Prisanto mengatakan, Ipal atau instalasi pengolahan air limbah merupakan sarana untuk mengolah limbah cair (limbah dari wc, air cucian maupun air dari kamar mandi). Denny juga menjelaskan, edukasi dan pembinaan yang di lakukan oleh DLH Kota Blitar melalui Bidang Penataan dan Pengendalian Lingkungan Hidup merupakan trobosan untuk mendukung program Pemerintah Kota Blitar yaitu KOTAKU, Kota Tanpa Kumuh. Melalui program KOTAKU, Kota Blitar dapat terhindar dari pencemaran air yang dapat merusak ekosistem sekitar.

Komponen ipal komunal, terdiri dari unit pengelolaan limbah, jaringan perpipaan atau bak kontrol dan lubang perawatan serta sambungan rumah tangga.

“Ipal atau instalasi pengolahan air limbah merupakan sarana untuk mengolah limbah cair,” jelas Denny, saat dikonfirmasi Rabu, (03/03/2021)

Dengan adanya program DLH Kota Blitar dalam melakukan edukasi bagi masyarakat, maupun KSM untuk menangani limbah cair melalui pengoptimalan pemanfaatan Ipal komunal, dapat membantu Kota Blitar terbebas dari pencemaran limbah cair. (Fan)

Share icon